11 Ide Bisnis Rumahan Santai Untuk Ibu Rumah Tangga

11 Ide Bisnis Rumahan Santai Untuk Ibu Rumah Tangga

Berkarir atau menjadi ibu rumah tangga?, ini menjadi sebuah pilihan yang masih diperbincangkan. Membandingkan seorang ibu yang bekerja di kantor dengan pekerjaannya yang menjanjikan atau menjadi ibu rumah tangga yang dapat bekerja di rumah walaupun dengan modal kecil, masih ada kemungkinan untuk sukses berwirausaha.

Usaha sampingan ibu rumah tangga dapat anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan anda yan membesar diluar pemasukan anda. Sebagai ibu rumah tangga, tentu anda yang paling mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran serta kebutuhan yang anda perlukan bagi keluarga anda. Nah, Bagi anda ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan adanya peluang atau kesempatan kedua untuk memenuhu besarnya kebutuhan keluarga anda.

Usaha yang memerlukan Modal Kecil

Menjadi ibu rumah tangga memang sulit, apalagi anda tinggal di sebuah pedesaan dan anda ingin berwirausaha. Tenang, justru ketika anda tinggal di pedesaan peluang keberhasilan berwirausaha malah menjadi semakin besar.

Dengan modal mulai dari satu juta, bahkan bisa lebih kecil lagi. Tapi, ada tapinya yah, anda haru siap mempunyai waktu luang untuk mengerjakan bisnis sampingan ini. Tentunya waktu luang akan memberikan anda kelancaran untuk memulai bisnis rumahan ini, tapi apa saja bisnis rumahan yang cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga? yuk simak, berikut bisnis dan usaha sampingan yang dapat anda jalani.


1. Menulis

Ini Merupakan suatu bisnis yang bisa dibilang dapat menggunakan modal yang kecil, berbisnis dengan menulis bisa saja anda mulai dengan membuat artikel baik berupa narasi, cerpen, novel, tutorial, berita ataupun memasak. anda juga bisa menyalurkan artikel anda sebagai penulis artikel di blog/website yang anda buat sendiri.
Selain membuat cerpen ataupun novel, ada juga media online yang membutuhkan jasa penulis ini. Menjadi penulis di media online merupakan langkah yang bagus untuk menghasilkan uang dengan menyalurkan hobi.

2. Bercocok Tanam

Menanam merupakan kebiasaan bagi para ibu, bagaimana kalau kebiasaan ini menjadi sebuah peluang usaha dalam bisnis rumah tangga. Tentu dengan menanam berbagai macam tanaman yang bermanfaat dapat menghasilkan uang.

Seperti tanaman hias, yang paling sering dicari adalah tanaman hias pucuk merah ataupun tanaman yang indah lainnya. Tidak hanya tanaman hias saja, tanaman obat dan herbal menjadi tanaman yang paling banyak dicari, apalagi ini di indonesia semua orang pasti membutuhkannya. Dengan menjual tanaman herbal dan obat dari tumbuhan, anda dapat menghasilkan uang sendiri dari menjua tanaman.

3. Membuka Katering

Nah, untuk yang satu ini anda harus memperhatikan tempat tinggal anda dan lingkungan sekitar anda. Apakah lingkungan tempat tinggal anda terletak di lokasi yang sibuk dan padat akan orang orang, seperti kampus, kos-kosan, perkantoran. Jika memang iya, bisnis katering ini sangat dianjurkan bagi anda, anda dapat memulainya dengan bisnis katering kecil-kecilan saja. Namun, jika sudah berkembang, bisnis ini sangat mempunyai keuntungan yang sangat luar biasa, seperti warung makan yang bisa menjapai 3-4 juta perhari. Menakjubkan bukan.

4. Jualan Kue Kering (musiman)

Menjual kue juga bagus untuk dlakukan ibu rumah tangga, terutama yang waktu luangnya sempit. Walau sudah banyak yang melakukannya, tidak menutup kemungkinan anda dapat mendapatkan peluang sukses tersebut. Apalagi saat musim ramadhan, bisnis ini sangat sekali dianjurkan, karena kebutuhan jajanan hari raya yang termasuk kue kering akan mlonjak tinggi melebihi perkiraan dan tentu saja itu akan menguntungkan anda para pebisnis rumahan penjual kue kering.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Anda sangat kreati dalam meciptakan sebuah kerajinan, bisnis ini sangat menjanjikan bagi anda sang kreatif. Karena, membuat sebuah kerajinan tangan sangat digemari oleh para masyarakat bahkan hasilnya pun ramai orang yang ingin membeli.
Umumnya, produk kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi apalagi jika bahannya yang susah didapatkan dan mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Namun, kalau anda tidak tahu berapa harga pasar suatu produk kerajinan, anda dapat melakukan riset dengan bertanya ataupun membeli kepada pembuat kerajinan yang sama. Kerajinan yang mudah dibuat biasanya adlah yang digemari oleh anak-anak. seperti boneka yang dapat anda buat dengan menggunakan kain kain bekas, sampai kerajinan yang sulit untuk dibuat yang memiliki nilai jual yang tinggi karena keunikannya adalah miniatur kayu yang unik, yang biasanya dapat menjapai angkan 5 juta per biji.

6. Berjualan Online

Ini adalah bisnis yang paling mudah, anda dapat menjalankannya di waktu waktu yang sempit dan juga anda dapat melakukannya di waktu yang dapat anda tentukan sendiri. Namun, dengan berjualan online tentunya anda juga harus mempunyai barang yang akan dijual, barang apakah itu? dapat berupa barang bekas yang tidak terpakai, sampai kerajinan atau kue yang sudah saya bahas diatas.

Namun, bagaimana anda berjualan kalau tidak punya barang? Anda hanya perlu menjadi reseller atau penghubung bagi banyak produk-produk yang bertebaran di toko online besar. Anda juga dapat menshare atau membagikannya ke sosial media dan anda akan mendapatkan komisi dari setiap barang yang anda jual.

7. Menjahit

Menjahit juga merupakan hal yang paling mudah bagi para ibu untuk dilakukan, karena kebanyakan seorang ibu dapat melakukan kegiatan menjahit ini. Anda dapat memulainya dirumah dan menawarkannya ke tetangga anda tentang jasa menjahit ini, tentu untuk meningkatkan penghasilan anda harus memiliki keterampilan yang  lebih dalam menjahit, untuk menghasilkan sebuah baju atau pakain yang dapat memperindah sang pemakai.

8. Membuka Les

Bagi anda yang mempunyai kemampuan mengajar dan pengalaman belajar, anda dapat memulai bisnis les private ini di rumah anda sendiri. Anda bisa memualainya dengan mengajarkan anak-anak sekolahh yang masih sd, ini memerlukan sedikit kesabaran karena, mengajar seorang anak itu tidaklah mudah, dan untuk waktunya waktu yang tepat untuk les ini adalah malam hari dan hari hari libur.

9. Buka Spa / Pijat

Nah, ini adalah salah satu bisnis yangpaling banyak pelanggannya. Apalagi kalau anda tinggal di daerah pedesaan yang mayoritas masyarakatnya petani, pasti orang orangnya memiliki tingkat kelelahan yang sering. Maka dari itu, jika anda memiliki kemampuan memijat, anda dapat memulai bisnis sampingan ini. Bisa dikatakan, ini adalah bisnis tanpa modal yang paling menguntungkan, apalagi pelanggan anda akan otomatis menyebarkan keahlian memijat anda kepada masyarakat dan tentunya itu akan sangat menguntungkan anda dalam memulai bisnis tanpa modal ini.

10. Menjadi Penerjemah

Ini merupakan bisnis yang sulit, kenapa demikian? Karena anda harus menguasai bahasa asing dengan benar, namun berbeda dengan anda yang sudahh ahli dalam bidang penerjemahan bahasa asing ini. Ini akan menjadi bisnis yang paling menjanjikan bagi anda, bahasa yang paling sering dibutuhkan yaitu Rusia,Inggris, Turki, Swedia dan lainnya. Untuk memasarkan jasa anda ini, Anda dapat mempromosikannya melalui berbagai marketplace online (toko online) yang paling ramai dan membutuhkan jasa anda ini.

11. Dekorator Interior Rumahan

Mendekor rumah merupakan bisnis yang jarang digeluti, karena tingkat kesusahannya ini. Namun jka anda memiliki kemampuan mendekor yang mumpuni anda  dapat melakukan bisnis dekorasi rumah ini. Biasanya bisnis ini dapat membantu pemilik rumah untuk menghias dan mendekor ulang rumah agar lebih indah dari sebelumnya. Bukan Arsitektur, Proesi ini tidak memerlukan kuliah di tekhnik arsitek, namun anda hanya memerlukan skill seorang dekorator interior.

Gaji yang dihasilkan juga lumayan, bahkan dapat dibilang lebih tinggi dari bisnis yang lain yaitu sampai puluhan juta rupiah. Bisnis ini biasanya dilakukan saat pekerjaan membangun rumah sudah selesai, barulah tugas seorang dekorator ruangan dibutuhkan.

Jadi, Bagaimana? masih yakin ingin berdiam diri dirumah dan tidak menghasilkan apa-apa?. Tentu jika anda memiliki waktu luang anda bisa berhenti berpikir dan memulai berbisnis wirausaha yang dapat dilakukan di rumah, dengan modal kecil atau tanpa modal semuanya bisa terwujud asalkan ada kemauan.

Comments