Langkah Awal Memulai Bisnis Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil


merintis perjuangan sendiri tidaklah sebeliah yang dibayangkan. banyak hal-hal penting yang mesti anda persiapkan. mulai dari jenis perjuangan yang akan dijalankan hingga dengan segi pemkeinginanran. kalau anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun perjuangan tersebut, perjuangan anda tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian.

oleh alkeinginannnya merupakan itu, banyak calon pengperjuangan yang menggunakan jkeinginan konsultan urusan ekonomi. mereka berharap bisa menerima seni manajemen dan peagendaan yang matang sebelum memulai perjuangan yang akan ditekuni.

bagaimana dengan anda? saya rkeinginan anda tidak perlu menyewa jkeinginan konsultan urusan ekonomi kalau hanya membuka perjuangan dengan modal kecil. selain biayanya relatif mahal, merintis perjuangan sendiri dengan modal kecil bisa anda pelajari sendiri dari nol.

berita baiknya, postingan ini membahas langkah demi langkah memulai perjuangan sendiri dengan modal yang relatif kecil. berikut 10 langkah merintis perjuangan sendiri dari nol yang bisa anda praktekkan mulai dari sekarang.

1. tentukan jenis perjuangan anda

buka perjuangan apa ya? mungkin pertanyaan ini muncul dibenak anda. sebelum memutuskan untuk merintis perjuangan sendiri, penting bagi anda untuk menentukan jenis perjuangan dan membaca peluang urusan ekonomi ketika ini yang memiliki prospek cerah.

selain itu, sebaiknya jenis perjuangan tersebut harus sesuai dengan minat dan keahlian anda. percuma menjalankan sebuah perjuangan tetapi anda tidak menyenanginya. anda akan setengah hati dalam mengembangkan perjuangan tersebut. malahan, anda bisa menyerah ditengah jalan ketika merkeinginan urusan ekonomi anda tidak sesuai yang diharapkan.

coba anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah perjuangan. tulis dalam buku catatan wacana minat, keahlian, bakat, dan hobi anda. disamping itu anda bisa menulis beberapa jenis perjuangan yang ingin anda rintis.

sebagai contoh, anda hobi membuat banyak sekali kudapan manis. dari hobi tersebut anda bisa menentukan jenis perjuangan anda yakni membuka perjuangan toko kudapan manis. lain halnya kalau anda minat terhadap fashion. jenis perjuangan yang cocok untuk anda merupakan membuka toko pakaian.

dengan memilih jenis perjuangan yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. saya yakin, anda sempurna akan senang hati dalam menjalankan perjuangan tersebut.

2. segera lsayakan survei

setelah anda menentukan jenis perjuangan yang akan anda geluti, langkah selanjutnya merupakan melsayakan survei dilapangan. kenapa harus melsayakan survei? hal ini penting bagi anda untuk mengetahui seberapa besar peluang perjuangan anda tersebut. apakah memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi atau tidak.

apa saja yang harus anda survei?

tingkat persaingan
survei dilapangan bermanfaat untuk melihat tingkat persaingan perjuangan yang sejenis dengan perjuangan anda. seberapa banyak orang yang telah menjalani perjuangan tersebut.

disamping itu, anda harus mencari gosip bagaimana kualitas dan ciri khas produk, prosedur pelayanan dan harga yang mereka tawarkan. dengan begitu, anda akan memiliki seni manajemen untuk bersaing dengan para pengperjuangan yang sejenis.

lokasi yang seni manajemens
survei tempat atau lokasi juga perlu anda lsayakan. hal ini bertujuan untuk mengetahui dimana kira-kira lokasi yang sesuai dengan urusan ekonomi anda.

sebagai contoh, anda ingin membuka tempat foto kopi dan penjilitan buku. sempurnanya kurang efektif kalau anda membuka perjuangan tersebut di komplek perumahan anda. lokasi yang sempurna untuk perjuangan tersebut merupakan ditempat yang banyak terdapat tempat perkantoran dan sekolah.

oleh karena itu, pemilihan lokasi perjuangan wajib anda lsayakan kalau ingin perjuangan anda berjalan dengan lancar.

perilsaya konsumen
perilsaya konsumen juga perlu anda perhatikan. sebisa mungkin jenis perjuangan anda memiliki banyak peminat dan daya beli yang tinggi dari konsumen.

secantik apapun perjuangan yang anda jalankan, kalau daya beli konsumen rendah akan berpengaruh terhadap urusan ekonomi anda. sama halnya dengan minat konsumen, kalau hanya segelintir orang yang membeli produk yang anda tawarkan, maka anda harus siap-siap gulung tikar.

3. menyiapkan modal

merintis perjuangan sendiri dari nol bukan berarti nol modal. anda tetap membutuhkan modal untuk mengawali perjuangan anda. berapa modal yang anda butuhkan? tergantung perjuangan yang ingin anda buka.

pada umumnya, perjuangan dengan modal kecil maupun besar hampir sama peraturannya. anda harus tahu berapa modal yang dianggarkan untuk memulai perjuangan tersebut.

disamping itu, jangan habiskan seluruh modal untuk kebuyang kuasa perjuangan yang akan anda jalankan. minimal sisihkan 40% modal sebagai dana cadangan. hal ini untuk mengantisipasi kalau perjuangan anda mengalami kegagalan. anda bisa menggunakan sisa dana tersebut untuk membangun kembali atau mengganti perjuangan anda.

sebagai contoh anda ingin membuka perjuangan warung bakso. menurut dokterurusan ekonomi.net, perjuangan warung bakso membutuhkan modal sekitar rp. 16 jutaan. dana tersebut digunakan untuk menyewa tempat, membuat gerobak, peralatan mkeinginank, meja, kursi, dan bahan bsaya. berarti anda harus menyediakan modal sebesar rp. 28 juta. rp 16 juta untuk modal utama, sisanya anda simpan sebagai dana cadangan.

darimana anda menerima modal? anda bisa menerimanya dari investor, pinjaman bank atau modal sendiri. untuk membuka perjuangan dengan modal kecil, sebisa mungkin anda menggunakan modal sendiri terlebih dahulu.

mengapa? karena setiap perjuangan atau urusan ekonomi memiliki resiko kegagalan. oleh alkeinginannnya merupakan itu, dengan memakai modal sendiri, anda masih bisa mengontrol keuangan anda. bayangkan kalau anda meminjam uang di bank. urusan ekonomi anda belum bisa meraih keuntungan secara signifikan namun tiap bulan anda harus membayar angsuran plus bunga yang tidak sedikit. anda bisa keteteran dalam merintis perjuangan sendiri dengan modal kecil.

4. peagendaan yang matang

meintis perjuangan sendiri dari nol dengan modal kecilmerintis perjuangan sendiri dengan modal kecil bukan berarti keinginanl-keinginanlan. anda butuh persiapan dan peagendaan yang matang dalam memulai perjuangan anda. hal ini untuk meminimalisir terjadinya kegagalan dalam sebuah perjuangan.

perlu anda ketahui, hampir semua kegagalan pelsaya urusan ekonomi terjadi hasil kurangnya persiapan dan peagendaan yang baik dalam mengelola urusan ekonomi mereka. kalau sudah demikian, keuntungan tidak bisa diraup, modalpun habis.

bagaimana cara melsayakan peagendaan yang matang? pak kusnendi,drs. m.s. mengungkapkan bahwa peagendaan perjuangan mencsayap penentuan visi, misi, seni manajemen urusan ekonomi, tujuan, kebijakan, prosedur dan aturan serta anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah perjuangan atau urusan ekonomi tertentu. (dikutip dari sulitnih.com)

pada intinya, peagendaan perjuangan diharapkan agar perjuangan yang anda jalankan menerima hasil sesuai dengan yang anda harapkan.

5. definisikan keunikan produk anda

dalam menjalani suatu perjuangan, anda harus bersaing dengan banyak pengperjuangan lain yang sejenis dengan perjuangan anda. anda bisa melihat beberapa diantara mereka yang berhasil menarik begitu banyak konsumen.

apa rahasianya? tentunya mereka memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh perjuangan sejenis ditempat lain. oleh alkeinginannnya merupakan itu, definisikan keunikan produk yang akan anda tawarkan pada konsumen.

selama ini, produk yang lsaya monyets dipkeinginanran sempurna memiliki keunikan tersendiri. mirip kisah sukses bakso ojo lali mas triman yang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. sang pemilik, haji mudo sartono selalu menjaga kualitas bakso melalui resep serta bahan bsaya terbaik sehingga terkesan unik dibanding yang lain.

untuk itu, berkreasilah dalam membuat produk anda. misalnya anda membuka perjuangan toko roti. selain menjaga kualitas makanan, anda bisa menggabungkan dengan tampilan bentuk roti yang unik. misalnya dengan bentuk gambar kartun yang sedang animo ketika ini. berkreasi dengan produk yang anda jual akan semakin menarik perhatian konsumen.

6. pengelolaan keuangan yang baik

pernahkah anda melihat seorang pedagang warung bakso yang memiliki beberapa ckakak di satu kota? kalau ya, mungkin anda berfikir bahwa orang tersebut memiliki modal yang besar. perkiraan anda mungkin benar namun bisa saja salah.

mengapa? seseorang yang telah membuka ckakak karena perjuangannya telah memiliki prospek cerah. mereka memiliki manajemen yang baik serta bisa menjaring banyak konsumen.

bagaimana caranya? cukup sederhana. meskipun modal anda kecil, merintis perjuangan sendiri dari nol perlu pemahaman pengelolaan keuangan yang baik. anda harus bisa memisahkan uang untuk urusan ekonomi dan uang pribadi. sehingga anda bisa fokus dalam mengembangkan urusan ekonomi anda.

sebagai contoh, anda membuka warung bakso dengan modal rp 20 juta. ketika perjuangan anda sudah berjalan, segera tentukan target. perjuangankan anda bisa mendapat keuntungan rp 3 – 5 juta per bulan setelah dipotong biaya operasional, gaji karyawan dan pengeluaran lainnya. kalau anda konsisten, maka dalam waktu 2-3 tahun kedepan, anda bisa membuka ckakak baru untuk perjuangan warung bakso anda.



oleh alkeinginannnya merupakan itu, kuncinya merupakan pengelolaan keuangan baik. meskipun modal anda besar, kalau dikelola dengan buruk. bukan keuntungan yang anda dapatkan. bisa saja malah anda kehabisan modal.

beda halnya kalau anda pintar dalam mengelola keuangan, walaupun dengan modal kecil, dalam beberapa tahun kedepan anda bisa modal anda bisa bertambah berkali-kali lipat.

selain itu, meskipun urusan ekonomi anda telah lancar, jangan anda lantas berfoya-foya dengan membeli barang-barang yang sekiranya belum terlalu anda membutuhkan. lebih baik, fokus dalam memutarkan uang anda untuk memperbesar perjuangan agar memiliki omzet yang besar.

7. promosikan produk dengan baik

merintis perjuangan sendiri dari nol

satu hal yang perlu anda ketahui, secantik apapun produk yang anda sakalaun, tak lantas membuat banyak konsumen berdatangan untuk membeli produk anda. maka dari itu, lsayakan promosi untuk memperkenalkan produk anda.

promosi bisa anda lsayakan dari lisan kelisan, menyebar brosur atau memkeinginanng iklan di koran lokal. apalagi sekarang ini, para peurusan ekonomi semakin terbantu dengan hadirnya media umum mirip facebook, twitter, instragram, whatsapp dan lain sebagainya.

anda bisa manfaatkan media umum yang ada untuk mempromosikan perjuangan anda. disamping itu, banyak cara untuk semakin menarik minat pengunjung mirip memberi diskon, sediakan kupon atau vocher dan system beli 1 gratis 1 yang seringkali diterapkan beberapa toko besar.

dalam mengembangkan perjuangan dari nol, memang dibutuhkan seni manajemen pemkeinginanran yang baik agar anda bisa bersaing dengan banyak pengperjuangan yang menyampaikan produk sejenis dengan perjuangan anda.

8. membangun jaringan (networking)

networking dapat diartikan membangun jaringan persahabatan dengan orang lain agar saling menguntungkan. oleh karenanya, networking memiliki peran penting dalam keeksklusifan perjuangan anda. sebaiknya berperjuanganlah untuk memkakakun jaringan dengan pengperjuangan lain yang sejenis dengan perjuangan yang akan anda rintis.

membangun jaringan dengan sesama rekan tidaklah membuat saingan anda bertambah. justru mereka dapat membantu anda dalam meningkatkan promosi. selain itu, anda bisa membuatkan pengalaman bersama mereka. jangan tsayat apalagi malu untuk bertanya seputar perjuangan anda. belajar pada mereka yang sudah berpengalaman tentu dapat menambah pengetahuan dan wawkeinginann wacana urusan ekonomi yang akan anda jalani.

9. mendaftarkan perjuangan anda

dalam merintis perjuangan sendiri dari nol, anda memang harus banyak belajar. selain menjaga kualitas produk, sistem manajemen dan seni manajemen pemkeinginanran yang baik. anda juga harus patuh terhadap hukum.

sebaiknya, segera daftarkan perjuangan anda ke dinas perindustrian dan perdagangan di kota anda agar mendapat surat ijin perjuangan perdagangan (siup). kegunaan siup merupakan sebagai alat pengesahan yang diberikan pemerintah. sehingga kegiatan perjuangan anda tidak terkendala dengan duduk perkara perijinan.

10. mental yang kuat

kunci keberhasilan anda dalam merintis perjuangan sendiri dari nol merupakan mental yang kuat dan sikap pantang menyerah. anda harus bisa melewati mkeinginan-mkeinginan sulit selama menjalankan perjuangan tersebut.

menjadi wiraswasta bukanlah mirip karyawan yang memiliki etos kerja yang berbeda. mereka memiliki jadwal rutin yang jarang berubah yakni kerja selama sebulan, setelah itu mendapat gaji.

sementara anda menjadi bos dalam menjalankan perjuangan anda sendiri. oleh alkeinginannnya merupakan itu, anda harus bekerja ektra monyets, memiliki jadwal yang tidak menentu dan berfikir bagaimana caranya agar perjuangan anda dapat menyampaikan gaji yang layak untuk anda.

hal ini tidak akan terjadi seandainya anda tidak memiliki mental yang kuat. untuk itu, jangan menyerah meskipun perjuangan anda belum lancar, produk belum terjual secara optimal, konsumen sepi dan beberapa duduk perkara yang menjadi kendala dalam perjuangan anda.

memang bukan perkara beliah dalam merintis perjuangan sendiri dari nol. butuh pengorbanan biaya dan waktu agar perjuangan anda bisa sukses mirip yang anda inginkan. ikuti langkah-langkah diatas agar kedepannya anda dapat sukses dalam menjalankan perjuangan anda.

Comments